Jenis Kuda Pacu Bertenaga Super – Tahukah kamu hewan apa saja yang masih digunakan sebagai alat transportasi? Ya, jawabannya adalah kuda. Hewan genus equus ini telah banyak dimanfaatkan oleh manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang. Selain digunakan untuk mengangkat barang, mamalia ini dimanfaatkan dalam bidang pariwisata. Beberapa orang menggunakannya sebagai objek potret.

Anda pasti pernah melihat wisatawan berfoto bersama hewan ini. Tak hanya itu, selama bertahun-tahun hewan ini dijadikan ajang kompetisi bernama pacuan kuda. Di Indonesia sendiri ternyata terdapat berbagai macam jenis kuda balap. Ingin tahu, bukan?

Inilah Jenis-Jenis Kuda Pacu yang Ada di Indonesia

Manusia memanfaatkan kuda untuk balapan karena mempunyai kekuatan yang kuat dan super dalam berlari. Nama-nama kuda pacuan diambil dari daerah asalnya. Berikut jenis-jenis kuda balap yang ada di Indonesia:

1. Kuda Sumba (Sandel)

Jenis kuda balap yang ada di Indonesia ini merupakan jenis kuda balap asli. Berasal dari Nusa Tenggara Timur. Selain itu ia merupakan hewan balap terbaik di negeri seribu pulau, ia juga dijuluki kuda poni cendana.

Memiliki ciri-ciri tubuh kecil dengan tinggi sekitar 1,3 meter. Bentuk punggungnya pendek dan telinganya kecil. Hewan ini mempunyai daya tahan yang sangat kuat dan berlari dengan cepat.

2. Kuda Pacu Jawa

Bodi belakang lebih kecil dari depan. Meski tubuhnya kecil, hewan ini tahan terhadap panas. Selain itu, kaki dan badannya tidak seimbang serta kukunya lunak. Fisiknya cukup kuat. Tingginya sekitar 1,15 meter.

3. Kuda Batak

Tapanuli Utara merupakan rumah bagi kuda jenis ini, khususnya di sekitar Toba. Nama lainnya adalah Batakker. Hewan ini biasanya diekspor ke Malaysia, Singapura dan Sumatera Timur khususnya Deli.

Memiliki tanda tubuh kecil. Tinggi 1,20 meter. Hidungnya panjang dan besar. Ekor panjang. namun sulit untuk menundukkan kepalanya dengan benar karena lehernya yang pendek.

4. Kuda Aceh

Nama lainnya adalah kuda Gayoe, karena asal usulnya berasal dari daerah Gayoe, Aceh. Namun jenis ini juga tersebar di Toba sehingga dijuluki juga kuda Batak.

Ciri-ciri hewan ini adalah lehernya yang pendek, namun punggungnya panjang. Kaki belakangnya terlihat ramping. Tingginya berukuran 1,32 meter.

5. Kuda Flores

Jenis kuda balap yang ada di Indonesia ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil. Namun hewan ini sangat jinak. Biasanya diternakkan secara liar di alam liar. Warna tubuhnya coklat kemerahan.

Warna tubuhnya coklat kemerahan. Kelangsungan hidupnya dengan beternak kuda sandel khususnya di daerah Ende. Oleh karena itu disebut juga kuda Sumba.